Fakultas Hukum Untirta dan i-WIN Library Adakan Seminar Internasional Series I dengan tema “Winning With Nusantara Minds”

Posted on

Kamis, 23 September 2021 Fakultas Hukum Untirta dan i-WIN Library mengadakan Seminar Internasional Series I dengan tema “Winning With Nusantara Minds”, acara Seminar Internasional ini diadakan secara online via zoom dan live streaming youtube. Dimulai pukul 8.30-13.30 WIB atau 09.30 a.m. – 02.30 p.m. MYT dan dipandu oleh Rohayati, dihadiri kurang lebih 130 peserta terdiri dari berbagai kalangan profesi, dari mulai dosen, mahasiswa, dan masyarakat umum.

Acara seminar internasional series I dimulai dengan welcoming remarks atau sambutan dari UNTIRTA yaitu oleh Dr. Agus Prihartono. P S. S.H., M.H selaku Dekan Fakultas Hukum UNTIRTA dan Prof Dr. H. Fatah Sulaiman, S.T., M.T selaku Rektor UNTIRTA , selain itu welcoming remarks juga disampaikan oleh Founder dari i-WIN Library dan Head of Malay Archipelago Research di CenPRIS USM yaitu Assoc. Prof. Dr. Mohammad Reevany Bustami yang merupakan keynote : The Three Nusantara Minds.

Kemudian dilanjut dengan upacara penandatanganan dari “perjanjian kerjasama” oleh Dr. Agus Prihartono. P S. S.H., M.H dan Assoc. Prof. Dr. Mohammad Reevany Bustami.

Setelah Signing Ceremony dilaksanakan, acara seminar ini dilanjut dengan kegiatan presentasi dari 5 speaker dan di moderatori oleh Moh. Mudzakkir selaku PhD Candidate di CePRIS Universiti Sains Malaysia. Presentasi diawali oleh Achdiar Redy Setiawan selaku Dosen di Universitas Trunojoyo Madura dan PhD Candidate di Islamic Development Management Studies (ISDEV) Universitas Sains Malaysia. Beliau mengangkat pembahasan “Menuju Paradigma Nusantara: Mewujudkan Pengembangan Ilmu Akuntasi (Dan Ilmu Sosial Lainnya) Dengan Kearifan Lokal Nusantara”. Presentasi kedua yaitu oleh Dini Handayani selaku Dosen di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, dalam kesempatan tersebut beliau mengambil pembahasan dari segi “Sukuk Negara Sebagai Instrumen Investasi Wakaf Uang Di Indonesia” (Sovereign Sukuk As An Investment Instrument For Cash Waqf In Indonesia) . Acara ini diseling oleh sesi diskusi dan tanya jawab.

Kemudian dilanjut kembali dengan kegiatan presentasi dengan moderator yang berbeda yaitu oleh Aliyth Prakarsa, S.H., M.H selaku Dosen Fakultas Hukum UNTIRTA. Pada presentasi ketiga yaitu disampaikan oleh Mirza Shahreza selaku dosen dari Universitas Muhammadiyah Tangerang. Beliau membahas mengenai “Konvergensi Simbolik Komunitas Bank Sampah Di Kota Tangerang Selatan, Indonesia” (Symbolic Convergence Of The Waste Bank Community In South Tangerang City, Indonesia). Pada presentasi keempat disampaikan oleh Muhammad Zamri bin Maddimunri selaku Undergraduate Student Di Universiti Kebangsaan Malaysia yang mengangkat pembahasan mengenai “Hubungkait Gerakan Pemisah Dan Tuntutan Berkerajaan Sendiri Di Thailand”. Kemudian presentasi terakhir disampaikan oleh Sayyid Muhammad Indallah selaku  Undergraduate Student dan Maria Ulfa selaku Dosen di Universitas Darussalam Gontor yang mengangkat pembahasan mengenai “Kontroversi Konsep Ketuhanan Dalam Wahda  Al-Wujud Ibnu ‘Arabi Dan Manunggaling Kawulo Gusti Syekh Siti Jenar”. Pada sesi presentasi ketiga hingga kelima dibuka kembali sesi diskusi dan tanya jawab.

Acara ditutup oleh penyerahan e-certificate yang diserahkan oleh Dr. Rena Yulia, S.H., M.H selaku Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Penguatan Kemitraan kepada Keynote Speaker dan Para Narasumber dan Para Moderator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *