Tim Debat Fakultas Hukum Juarai Lomba Debat Nasional ASF 2023

Diposting pada

Tim debat dari Fakultas Hukum Untirta meraih juara 1 pada Lomba debat nasional yang diadakan oleh AP Scientific Fair 2023 dengan mengusung tema “Strategi dan Peran Generasi Z dalam Pelaksanaan SDGs untuk Indonesia Emas 2045”. Lomba tersebut dilaksanakan pada tanggal 26-27 November 2023. Tim yang bernama “Roro Jonggrang” ini beranggotakan 3 mahasiswi yakni Ita Rosita, Windiyanti Bahari Putri, dan Eka Melani. Tim ini dibimbing oleh Ferina Ardhi Cahyani, S.H., M.H. yang merupaka¬† dosen bidang Hukum Administrasi Negara dengan konsentrasi Hukum Lingkungan.

Pada babak penyisihan 1, dan, dan 3, tim ini berhasil mengalahkan tim dari Universitas Indonesia, Universitas Faletehan, serta UIN Sunan Kalijaga. Tim kembali memenangkan babak semifinal melawan Universitas Indonesia. Berhadapan dengan UIN Sunan Kalijaga pada babak final, tim Roro Jonggrang dari Fakultas Hukum Untirta berhasil memenangkan babak tersebut dan meraih juara 1.

Dengan memenangkan lomba debat nasional ini, tim berharap akan adanya pusat studi pada tingkat fakultas sebagai pelopor yang mengkaji Sustainable Development Goals (SDGs) yang berfokus pada pencapaian pembangunan berkelanjutan serta tujuan-tujuannya. Selain itu, juga dapat menjadi ruang bagi dosen serta mahasiswa sebagai generasi Z untuk turut berperan aktif dalam mewujudkan SDGs di lingkungan kampus maupun diluar kampus.