Dosen Bidang Hukum Internasional Berhasil Mempertahankan Ph.D Dissertation pada Public Defense di Wagenigen University

Diposting pada

Eva Johan, S.H., M.H telah berhasil meraih gelar Ph.D nya setelah berhasil mempertahankan disertasi¬† pada public defense dengan judul “Halal Regulation Under International Economic Law: WTO, ASEAN and Indonesia” yang diselenggarakan pada Rabu 22 November 2023 pukul 13.30 waktu Belanda, di the Omnia Aauditorium, Wagenigen University.

Public defense tersebut diselenggarakan secara langsung (tatap muka) dan juga tersedia secara livestream melalui WUR Platform https://wur.yuja.com/ yang dapat di akses dengan meng’klik ‘Events’ dan memilih “Eva Johan defense”. PhD project ini menyajikan research question utama yakni “Bagaimana regulasi halal di tingkat domestik dan regional dapat sesuai dengan aturan-aturan perdagangan internasional” yang mana di bagi menjadi empat paper project di mana paper 1 dan 2 fokus pada regulasi internasional (WTO Law) sedangkan paper project 3¬† masuk secara detail pada peraturan domestik Indonesia yang saat ini sedang dalam proses dari voluntary regime menjadi mandatory regime. Sedangkan paper project 4 membahas terkait regulasi halal di tingkat regional (ASEAN).

Terdapat dua paper project yang telah berhasil diterbitkan pada Jurnal Internasional bereputasi dengan Quartile 1 yakni pada Journal of International Economic Law (Oxford University Press) dan Journal of ASEAN Studies (Centre for Business and Diplomatic Studies Binus University) yang dapat di akses secara terbuka.

Dengan selesainya Ph.D project ini, Untirta menambahkan salah satu ahli pada Halal Products, di mana Untirta merupakan salah satu kampus di Indonesia yang memiliki kekhususan study dalam produk-produk halal di Indonesia.

red AS