STUDI BANDING LDC FH UNTIRTA X FKPH FH UB

Diposting pada

Legal Drafting Community (LDC) Fakultas Hukum Untirta telah melaksanakan kegiatan Studi Banding dengan Forum Kajian dan Penelitian Hukum (FKPH) Fakultas Hukum Universitas Brawijaya. Studi banding LDC FH Untirta dengan FKPH FH UB bertemakan “Bersinergi dalam Kolaborasi LDC FH UNTIRTA X FKPH FH UB Demi Meningkatkan Kinerja Organisasi dengan Membangun Relasi dan Bertukar Pengalaman”.

Kegiatan ini dilaksanakan hari Sabtu, 03 Desember 2022 secara online melalui zoom meeting, yang diikuti oleh 52 orang, dengan anggota yang tergabung dalam LDC FH Untirta sejumlah 36 orang dan yang tergabung dalam FKPH FH UB sejumlah 15 orang, serta perwakilan dari Duta, DPM, BEM, TMCC, De Retch. Juga dihadiri oleh Ibu Dr. Rena Yulia S.H., M.H., selaku Wakil Dekan III Fakultas Hukum Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Bapak Dr. Setiawan Noerdajasakti, S.H., M.H. selaku Wakil Dekan III Fakultas Hukum Universitas Brawijaya, dan Bapak Eki Furqon, S.H., M.H. selaku Pembina LDC FH Untirta.

Dokumentasi kegiatan Studi Banding LDC FH Untirta X FKPH FH UB
Dokumentasi kegiatan Studi Banding LDC FH Untirta X FKPH FH UB

Kegiatan dimulai pukul 10.00 WIB diawali dengan pembacaan doa dan menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya, Mars Untirta, serta Mars Universitas Brawijaya. Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian laporan dari ketua pelaksana yaitu Salsabila Khoirunnisa, serta sambutan-sambutan. Sebagai ketua pelaksana Salsabila Khoirunnisa menyampaikan maksud dan tujuan dari kegiatan studi banding ini, diantaranya sebagai wadah untuk menambah wawasan terkait keorganisasian terutama yang bergerak dalam bidang kepenulisan hukum, mempererat tali silaturahmi dan kerja sama antara organisasi, menambah relasi dari masing-masing organisasi dan para anggotanya serta bertukar pikiran terkait legal drafting antar kampus.

Laporan dari Salsabila Khoirunnisa sebagai Ketua pelaksana

Sambutan yang pertama dari Ketua Umum LDC FH Untirta yaitu Andika Demto Butarbutar. Yang kedua dari Direktur Utama FKPH FH UB yaitu Farah Naurah Khansa. Selanjutnya, sambutan dari Pembina LDC FH Untirta Bapak Eki Furqon, S.H., M.H. Selanjutnya sambutan oleh Wakil Dekan III Fakultas Hukum Universitas Brawijaya yaitu Bapak Dr. Setiawan Noerdajasakti, S.H., M.H. Dan sambutan yang terakhir sekaligus pembukaan oleh Wakil Dekan III Fakultas Hukum Untirta yaitu Ibu Dr. Rena Yulia S.H., M.H. Beliau menyampaikan meskipun kegiatan ini dilakukan secara virtual tetapi beliau yakin ini akan memberikan dampak yang positif atau baik bagi LDC FH Untirta maupun FKPH FH UB. Kemudian beliau membuka acara Studi Banding LDC FH Untirta dengan FKPH FH UB dengan membaca Basmallah.

Sambutan dan Pembukaan oleh Ibu Dr. Rena Yulia S.H., M.H.

Acara dilanjutkan pukul 12.20 dengan penampilan video profil LDC FH Untirta dan Presentasi dari LDC FH Untirta. Presentasi dari LDC FH Untirta disampaikan oleh Andika Demto Butarbutar dan Dzaki Dhiya Ulhaq. Presentasi tersebut menjelaskan mengenai apa itu LDC, sejarah terbentuknya LDC, Struktur kepengurusan, program kerja, dan pelatihan rutin yang selalu dilaksanakan oleh anggota LDC FH Untirta, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Atas antusias yang tinggi dari FKPH FH UB banyak dari mereka yang bertanya mengenai LDC FH Untirta.

Setelah selesai sesi tanya jawab LDC FH Untirta, selanjutnya giliran penampilan video profil dan presentasi dari FKPH FH UB. Presentasi FKPH FH UB disampaikan oleh masing-masing dari anggota bidang atau divisi sekaligus memperkenalkan dan menyampaikan hal yang sama seperti LDC FH Untirta, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Banyak dari anggota LDC FH Untirta juga aktif turut serta bertanya mengenai FKPH FH UB.

Dokumentasi sesi tanya jawab

Acara selanjutnya yaitu penyerahan sertifikat dari LDC FH Untirta kepada FKPH FH UB dan penyerahan sertifikat FKPH FH UB kepada LDC FH Untirta. Setelah penyerahan sertifikat selesai dilanjutkan dengan sesi games. Pada sesi games ini dipandu oleh Ryan Prianggih dari LDC FH Untirta dengan games tebak gambar. Meski waktu sudah semakin sore tetapi para anggota baik dari LDC FH Untirta maupun dari FKPH FH UB tetap semangat dalam menjawab soal-soal games tersebut. Setelah sesi games selesai acara studi banding ini ditutup dengan pembacaan doa.

Dokumentasi penyerahan sertifikat dari LDC FH Untirta kepada FKPH FH UB
Dokumentasi penyerahan sertifikat dari FKPH FH UB kepada LDC FH Untirta

Setelah mengadakan acara studi banding ini diharapkan dapat memberikan dampak yang baik, menambah wawasan terkait kepenulisan hukum, mempererat tali silaturahmi sekaligus sebagai evaluasi dan pengembangan masing-masing organisasi agar kedepannya menjadi organisasi yang lebih  baik lagi.

Penulis: Nabila Zahratussita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *